Peluncuran Program Daulat Belajar dan Guru Bergerak (Episode 1 Mandikbud)

     


    Pada tanggal 4 Februari 2021 tepat 3 Hari setelah kemendikbud meluncurkan Program Sekolah Penggerak Mandikbud juga meluncurkan program unggulanya yaitu Daulat Belajar dan Guru Bergerak. Dalam Kegiatan Guru bergerak ini diawali dengan Pelatihan 1001 Guru Ngeblok seluruh Indonesia. Acara yang dimoderatori oleh Cucu Asmarini berlangsung 3 Jam secara live streaming di chandel Youtube Hipper.4.0. dari Jam 14.00 - 17.00 WITA. 

    Hadir Sebagai Pembicara pertama Dr. Yuyun yang menjelaskan Fokos kegiatan 1001 guru Ngeblog untuk membantu guru mengembangkan kompetensinya terutama dalam Literasi dan Menulis yang dituangkan dalam BLOG. Dengan Pelatihan ini kata sekretaris Umum Hipper juga diharapkan dapat mengembangkan kompetensi digitalnya buat media pembelajaran, sehingga guru benar benar berdaulat dalam memberikan konten dan kompetensinya. 

    Sebagai Pembicara kedua hadir  Deni Hadiana seorang Jurnalis dan Penulis handal yang juga sebagai Pembina Hipper sekaligus membuka acara secara resmi. dalam sambutanya beliau memberikan Apresiasi kepada Panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan 1001 Guru Ngeblog. Dengan kegiatan ini diharapkan hadir guru guru bermutu, yang dapat menyebarkan kebaikan dan kebaikan dalam transfer pengetahuan secara digital. Kemudian beliau juga mengapresiasi peserta yang hadir bukan karena penugasan tapi memang benar benar hadir secara tulus dari hati nurani yang paling dalam. Dalam Guru bergerak versi Hipper adalah guru yang terus berjuang untuk membantu generasi masa kini. Karena guru memang harus bergerak minimal dengan 3 H : Yang pertama adalah Head (Pengetahuan), Yang kedua Hatinya dan yang ketiga adalah Hand (tanganya).  Ketika kita akan mendesain sebuah blog maka Blog kita harus bermakna yang artinya blok kita berdampak, bermanfaat dan pastikan setiap pengunjung blog kita dapat meningkatkan kapasitasnya. 

    Berikutnya hadir dan menyampaikan secara panel empat pembicara Nasional dari Gerakan yaitu Pak Foy Aryo (Gerakan Literasi Indonesia), Ibu Uswatun Hasanah (Penulis Best Seller), Ibu Dwi Fatmawati (Penulis Best Seller) dan Bapak Fathur Rahim (Mandikbud) yang juga seorang Blogger ternama. Pesan terpenting dari Pak Foy adalah perdalam literasi karena merupakan jalan hidup yang dapat menjadi pedoman, tuntunan untuk keberhasilan hidup kita. Semua hal dalam kehidupan ini memerlukan literasi sebagai kemampuan dasar. Selanjutnya beliau menyampaikan literasi menjadi 6 bagian yaitu Literasi  Baca Tulis, Numerasi, Sain, Digital, Financial serta terakhir Budaya dan Kewargaan. 

    Selanjutnya Ibu Uswatun Hasanah menyampaikan tema Menulis tanpa menangis. Dalam paparanya Kepala SMA Purwantoro ini menyampaikan pengalaman indahnya dalam hal menulis baik Cerita pendek, puisi maupun buku buku referensi dalam menulis. Selanjutnya menyampaikan Quiz yang menarik dengan tema ketelitian dalam menulis. Dalam penyampaian selanjutnya berhubung kesukaan Ketua PGRI Purwantoro ini pada keindahan dan rayuan maka yang banyak disampaikan tentang karya sastra dengan seluruh konstruksi berpikir yang menyeluruh.

    Salah satu yang ditunggu tunggu peserta adalah saat doorprise Printer L130 dari PT Epson Indonesia yang disampaikan  oleh Ibu Hesti Astina. Syarat untuk mendapatkan Dorrprise peserta harus mengisi formulir Feed bac yang disampaikan Epson Indonesia. Selanjutnya Hadiah akan disampaikan pada pemenang secara langsung melalui alamat yang sudah diisikan dalam Formulir.

    Pembicara selanjutnya yang tidak kalah menarik Ibu Dwi Fatmawati yang akan sharing tentang Giat Menulis. Dengan menulis kita akan meninggalkan sejarah dalam kehidupan ini. Menulis itu mudah terutama yang punya kemauan dan motivasi dari dalam diri sendiri. Menulis tidak hanya mencurahkan ide tapi sebuah kegiatan untuk melahirkan pikiran atau perasaan yang berupa khayalan yang benar benar terjadi. Sehingga kesimpulanya menulis dapat menjadikan hidup menjadi lebih hidup terutama jika tulisanya mampu menginspirasi banyak orang yang membacanya. 

    Terakhir Pembicara Utama adalah Mandikbud Hipper 4.0 Bapak Fathur Rahim yang memulai paparanya dengan pandangan global tentang Pendidikan di Indonesia dengan 8 Standar Nasional Pendidikan. Bagaimana pendidik menjadi komunikator yang kreatif , cara pertamanya dengan menulis dan kedua dengan  lisan. Hubunganya dengan Peluncuran Program Daulat Belajar dan guru bergerak dalam 1001 Guru ngeblok menjadikan para pendidik mampu mengkolaborasi ide pembelajaranya dengan menjadi blogger yang handal. Melatih kompetensi kebiasaan menulis buat Peserta didik terlebih sebagai Pendidik. Program ini sangat membantu buat guru untuk mengembangkan sumber daya dari proses membaca kemudian dilanjutkan dengan menulis dan menyampaikan bahan ajarnya. Di akhir penjelasanya Mandikbud yang juga ketua HIPPER  4.0 Indonesia menyampaikan tehnis penugasan pada kegiatan pelatihan 1001 Guru Ngeblog bareng ini.

    Tujuan dari seri Peluncuran 1001 Guru Ngeblog untuk menjadikan guru-guru di Indonesia punya blog blog pribadi yang di instal sendiri, ditulis sendiri, dan disampaikan sendiri melalui media sosial masing-masing peserta. Untuk lebih memahami secara menyeluruh rangkaian Seminar Pendidikan yang sekaligus Pembukaan 1001 Guru Ngeblok ini dapat di simak melalui Vidio berikut ini : 


Redaksi By : Anas Ponijan


    




































    

Related

newsticker 1049484105027208497

Posting Komentar

  1. Senang rasanya bisa ikutan workshop 1001 Guru ngeblog. Acaranya seru pak Anas.. Yuk semangat..! (etik)

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

item